Mar 9, 2015

Bila Telkom Speedy DNS Server Error Not Responding

Jika Anda mengalami koneksi internet Telkom Speedy anda tidak bisa nyambung atau error, ini kemungkinan ada yang bermasalah pada DNS servernya. Hal ini terjadi pada saya beberapa hari belakangan ini.

Ciri-cirinya adalah saya tidak bisa membuka beberapa halaman situs web/website, tapi pada halaman website lainnya berjalan seperti biasa, terutama Google, dia lancar-lancar saja. Namun bila saya mengklik salah satu link di Google, maka halaman yang dituju tidak muncul. Yang ada keluar tulisan: "Website Not Found" atau sejenisnya.

Di bawah tulisan "Website Not Found" itu ada beberapa keterangan, salah satunya adalah kemungkinan DNS Server kita bermasalah. Untuk solusinya, dapat dicoba untuk memasukkan DNS server secara manual alias diketik sendiri.





Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut: masuk ke Control Panel > Network and Internet > View Network Status and Tasks.
Setelah itu cari tulisan di sisi kanan: 

Connection: Local Area Connection (nama koneksi Speedy Anda). 

atau bila Anda menggunakan koneksi wifi ke Speedy nya

Connection: Wireless Network Connection (nama koneksi Speedy Anda)                      

Kemudian klik di tulisan itu, selanjutnya klik Properties > TCP/IPv4 > dan masukkan DNS Server berikut.

Preferred DNS Server: 202.134.0.155
Alternate DNS Server: 203.130.196.155




Lalu klik OK. Oh ya, ini berhasil untuk Telkom Speedy wilayah Jakarta dan sekitarnya. Untuk wilayah lainnya silahkan saja dicoba dulu. 

Selamat mencoba.

2 comments: