Jan 3, 2016

Jalan-jalan Wisata ke Tangkuban Perahu dan Kawah Ratu 2015-2016

Anda yang berniat untuk jalan-jalan ke tempat wisata Gunung Tangkuban Parahu  di dekat Lembang, berikut ini ada beberapa hasil fotonya sebagai penarik minat. Foto-foto berikut ini hanya dari satu spot saja, yaitu diambil dari area sekitar Kawah Ratu. Kawah Ratu adalah kawah yang terletak tepat di samping gunung Tangkuban Perahu. Dari Kawah Ratu ini dapat melihat Gunung Tangkuban Parahu yang bentuknya seperti perahu yang dibalikkan seperti pada dongeng Sangkuriang itu.








Dapat Anda lihat pada sisi jauh foto dibawah ini adalah gunung Tangkuban Parahu. Bentuknya datar di tengah dan menurun di ujung seperti perahu yang terbalik. Ketinggiannya adalah 2.804 m (6.837 ft) di atas permukaan laut.
Tangkuban Parahu Mountain
Gunung Tangkuban Parahu
Sign Board Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu


Kawah Ratu

Di bawah ini dapat Anda lihat Ini bentuk dari Kawah Ratu yang diambil pada akhir bulan Desember 2015. Untuk mencapai ke tempat ini sangat mudah, tidak diperlukan jalan kaki melalui jalan setapak. Anda bisa langsung mencapai tempat ini dengan mobil. Mobil Anda dapat langsung diparkir tepat di area parkir Kawah Ratu. Namun memang, bila Anda berkunjung ke Tangkuban Perahu pada saat musim liburan, tentunya akan banyak wisatawan yang berkunjung kesini, yang menyebabkan kemacetan karena semua wisatawan tersebut membawa mobilnya masing-masing.

Queen Crater - West Java
Kawah Ratu

Oleh karena itu, bila Anda mengunjungi tempat ini dan ternyata terjadi kemacetan pada saat hendak mencapai ke Kawah Ratu, Anda bisa parkir di tempat parkir bawah yang jaraknya kurang lebih 1,2 km dari Kawah Ratu. Ini dapat menghemat waktu Anda, daripada mobil Anda harus mengantri lama untuk mencapai puncak dimana Kawah Ratu dan Gunung Tangkuban Perahu berada. Karena wisatawan yang di atas pun tidak segera turun bersama mobilnya. Mereka akan menikmati pemandangan dulu dan mengambil momen serta dokumentasi. Paling tidak mereka akan berada di atas sekitar 1 jam.

Suasana di samping Kawah Ratu - akhir Desember 2015


Penuh Wisatawan di Tangkuban Perahu


Parkiran tempat di samping Kawah Ratu - Tangkuban Perahu
Bisa Parkir tepat di samping Kawah

Kawah Ratu dibatasi oleh pagar


Tentunya bila Anda parkir di tempat parkir bawah, untuk naik ke atas Anda harus jalan kaki. Atau ada cara lainnya yaitu menyewa ojek yang memang ada disana. Tarifnya untuk bulan Desember 2015 saat liburan panjang adalah Rp. 20 ribu sekali jalan.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk (HTM) Gunung Tangkuban Parahu pada Desember 2015 adalah:

-          Senin – Jumat: Rp. 20.000/Orang (wisatawan Nusantara)
Rp. 25.000/kendaraan roda empat
Rp. 200.000/orang (wisatawan mancanegara)

-          Sabtu – Minggu – Libur Nasional:
Rp. 30.000/Orang (wisatawan Nusantara)
Rp. 35.000/kendaraan roda empat
Rp. 300.000/orang (wisatawan mancanegara)

Harga tiket ini kemungkinan belum berubah di Januari 2016.

Menuju Gunung Tangkuban Perahu

Untuk Anda yang dari luar kota, untuk menuju Gunung Tangkuban Perahu bisa dari dua jalur. Jalur pertama yang terkenal adalah melalui Bandung menuju Lembang dan lanjut ke Tangkuban Perahu. Jarak dari Lembang ke Tangkuban Perahu adalah 10 km. Bila sedang tidak macet, Anda dapat mencapai tempat tersebut dalam 15 menit saja.
Jalur kedua adalah melalui Subang. Bila Anda dari arah Jakarta dan ingin langsung ke Lembang dan Tangkuban Perahu, melalui Subang adalah pilihan yang cukup baik untuk menghemat waktu dan menghindari kemacetan. Dari Jakarta, Anda mengambil tol ke Cikampek yang dilanjutkan dengan tol Cipali dan keluar di gerbang tol Subang. Dari situ tinggal naik ke atas ke arah Lembang.
Disarankan Anda sudah Kawah Ratu pada pagi hari atau sore hari, karena pada siang hari panasnya cukup terik walaupun suhu udaranya cukup rendah. Paling tidak Anda sebaiknya membawa topi atau payung, dan tentunya jangan lupa kamera.

Di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu ini tidak ada penginapan, dan tidak bisa berkemah. Taman Wisata ini sudah ditutup jam 5 sore. Untuk menginap Anda dapat mencari di Lembang. (fay/fay)

No comments:

Post a Comment