Dec 4, 2011

Mengganti air wiper All New Corolla

All New Corolla merupakan salah satu generasi Corolla buatan Toyota yang cukup legendaris di Indonesia. Mobil ini terhitung nyaman dikendarai untuk ukuran mobil buatan jepang, oleh karena itu sampai saat ini mobil ini masih cukup banyak berkeliaran di Indonesia.

Kali ini saya mau menuliskan cara mengganti air di tangki wiper. Bagi para ahli otomotif, tulisan ini mungkin kurang berguna, namun bagi para pemilik Corolla yang awam mengenai  "permobilan" namun ingin mengetahui memelihara mobil pada bagian-bagian yang sederhana tulisan ini mungkin bermanfaat.  Jadi, langsung saja ya !

Tangki air wiper ANC terletak di sebelah kiri jika kita menghadap mesin dari depan. Untuk mengganti airnya lakukan hal-hal berikut:

1. buka baut yang mengaitkan tangki ke body.
2. angkat tangki air wiper, disini Anda akan merasa saat mengangkat akan terhambat, hal ini karena ada selang wiper dan alat yang mengatur semprotan air yang  menempel pada badan tangki. Jika dipaksa diangkat, air dapat keluar dari selang yang terlepas atau alat tersebut. Oleh karena itu jangan diangkat dulu, lepaskan dulu kaitan selang agar tangki air dapat bebas. Hati-hati saat mengangkat jangan sampai sambungan selang ke badan tangki air terlepas karena dapat membuat air keluar dan tumpah. Perlu diketahui tangki air ini dekat dengan alternator, sedangkan alternator itu terdiri dari kumparan dinamo dan IC yang tidak boleh terkena air.
3. setelah tangki terangkat, air dapat dibuang dan diganti yang baru. Jangan lupa untuk membersihkan endapan-endapan yang ada pada tangki.





Selamat mencoba,

Salam,
Faybudi

No comments:

Post a Comment