Oct 2, 2015

Cara Reset Aplikasi Efaktur PPN Karena Komputer Instal Ulang

Berikut ini ada panduan tahap demi setahap Reset Aplikasi Client Efaktur Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk Anda para Wajib Pajak yang komputernya rusak atau format ulang.
Pertama-tama anda buka dulu alamat laman (web page) untuk e-Nofa online, yaitu  

https://efaktur.pajak.go.id/login  

Selanjutnya anda menginstal sertifikat digital yang anda dapatkan dari Kantor Pajak ke komputer.


A. Instalasi Sertifikat Digital ke Sistem Operasi 
Tahap pertama adalah dengan melakukan instalasi sertifikat elektronik ke dalam sistem operasi komputer user, tahapan ini hanya dilakukan satu kali di komputer user dan tidak memerlukan pengulangan. Berikut ini adalah tahapannya:


1. Download Sertifikat Elektronik.

Setelah mendapatkan pemberitahuan melalui email bahwa Sertifikat Elektronik PKP telah disetujui oleh DJP, maka PKP melakukan login ke halaman e-Nofa Online menuju ke menu Download Sertifikat Digital seperti tergambar berikut ini

Instalasi Sertifikat Elektronik
Setelah user mendownload sertifikat elektronik yang berbentuk file dengan nama file npwp15digitWajibPajak.p12 sebagai contoh adalah 123456789012345.p12, lakukan eksekusi (klik dua kali) terhadap file tersebut sehingga akan muncul form sebagai berikut:



 



Perlu diperhatikan bahwa, kolom password sebagaimana tergambar  dalam  gambar tersebut adalah kata sandi passphrase dan bukan password Akun PKP Anda. Passphrase merupakan kunci sandi yang mengikat terhadap private key dimana hanya Anda yang mengetahui. Apabila kata sandi passphrase tersebut lupa atau hilang, maka Anda harus mengajukan permohonan pencabutan Sertifikat Elektronik di KPP terdaftar.






Apabila kata sandi passphrase anda tepat dan proses instalasi selesai maka akan muncul notifikasi seperti tergambar berikut ini. Silakan Tutup Alat peramban (Web Browser) Anda dan Buka kembali untuk proses Instalasi Sertifikat Digital ke Alat Peramban di bagian ke-2.





Instalasi Sertifikat Digital ke Browser/Alat Peramban

Setelah proses pada tahapan kedua selesai, maka buka kembali web browser/alat peramban yang Anda gunakan. Dalam panduan ini akan dijelaskan konfigurasi untuk tiga jenis browser yang paling banyak digunakan oleh user yaitu Mozilla Firefox , Google Chrome dan Internet Explorer.  Dibawah ini cara instalasi untuk Mozilla Firefox.

A. Mozilla Firefox

Buka Aplikasi Firefox, dan masuk ke menu Options/Preferences. Atau dapat menekan tombol Alt + T dan pilih menu Options seperti gambar berikut:





Pada menu Form Options, pilih Advanced [1], dan tab Certificates[2] kemudian tekan tombol View Certificates [3] seperti gambar berikut ini:




Setelah muncul Form Certificate Manager, kemudian pilih tab Your Certificates [4] tekan tombol  Import  [5] maka akan muncul file dialog arahkan ke file sertifikat elektronik Anda [6] dan tekan tombol Open [7]

Setelah Anda menekan tombol open tersebut, maka Anda akan dihadapkan dialog untuk memasukkan passphrase yang telah dijelaskan sebelumnya., seperti gambar dibawah:



Apabila Passphrase yang Anda masukkan salah, bisa disebabkan kesalahan huruf kapital atau huruf kecil, atau adanya spasi.

Apabila Passphrase yang Anda masukkan sudah benar,  maka akan muncul informasi instalasi sukses. Itu juga berarti proses instalasi selesai.

B. Penggunaan
Setelah instalasi sertifikat digital terpasang, klik Menu Reset Aplikasi Client. Masukkan Kode Aktivasi dan Password yang diminta. Nanti akan ada keterangan berhasil. Jika berhasil maka kode aktivasi yang baru akan muncul di Profil User. Catat atau Copy Paste Kode ini



Kode aktivasi yang baru ini yang dipakai untuk instalasi seperti penginstalan pertama kali.

10 comments:

  1. saya sudah berhasil sampai import sertifikat dr mozila firerox, tp ko pas masukin password mucul tulisan gini ya "The PKCS #12 operation failed for unknown reasons." itu kenapa ya? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Error spt itu blm pernah saya alami. Ini ada bbrp alternatif solusi yg bisa dicoba :
      1. Clear cache dan history pada mozilla anda. Tutup mozilla nya lalu buka lagi dan coba kembali input passphrase nya,atau;
      2. Bila pada tab sertifikat anda sdh ada sertifikat elektroniknya, coba hapus dulu dan import lagi.
      3. Donlot ulang sertifikatnya dr web enofa. Siapa tau donlotannya corrupt.
      4. Coba di peramban lain/browser lain.. saya sarankan di chrome atau internet explorer. Langkahnya sama, paling istilah2nya beda dikit.
      5. Kl msh blm bisa, coba instal sertifikatnya di komputer lain. Instal sertifikat di browser ini bs di komputer lain, ga harus di komputer yg ada aplikasi efakturnya.

      Semoga membantu.

      Delete
  2. Untuk Huruf B, setelah klik Menu Reset Aplikasi Client muncul permintaan kode aktifasi dan passwor. Ini diambil dari mana, Mohon pencerahan. Trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kode aktivasinya yang diperoleh dari Kantor pajak (dikirim lewat pos). Sedangkan password dapat dilihat dari email yang dikirim oleh kantor pajak ke email WP.

      Delete
    2. sya sudah berhasil import. tapi maksud dari : silahkan tutup alat peramban atau web browser kemudian buka lagi untuk instalasi sertifikat ke alat peramban bagian ke 2 itu apa ya ? mohon penjelasannya.butuh sekali.thanks

      Delete
    3. Pakai Browser apa? kalau sudah sampai tahap memasukkan passphrase dan muncul notifikasi sukses, harusnya sudah selesai. Dicoba saja dulu.

      Kalau belum berhasil, coba delete dulu sertifikat elektroniknya dari browsernya, lalu coba import lagi.

      Delete
  3. Om, kalau ETAX-40001 saat mau upload faktur pajak itu solusinya apa ya? padahal sebelum2nya lancar2 aja. koneksi jaringan stabil. Apa ada gannguan dari server pusatnya? Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ETAX-40001 itu masalah koneksi internetnya, pastikan internetnya lancar, sinyal kuat, dan stabil.

      Delete
  4. Menu reset aplikasi client itu yg dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di website enofa (efaktur.pajak.go.id). Setelah login letaknya di menu kiri bagian bawah.

      Delete