Dec 4, 2017

Biaya dan Cara Perpanjang SIM A di Bogor tahun 2018 dan 2017

BOGOR. Hari Sabtu lalu awal bulan Desember 2017 saya kembali memperpanjang SIM A di Polres Kota Bogor yang beralamat di Jalan Raya Bogor No 22, Kedung Halang, Bogor. Berikut ini adalah tulisannya, mengenai pengalaman saya memperpanjang SIM A disana per tahun 2017 yang kemungkinan akan sama dengan tahun 2018 yang akan datang.

Dengan demikian, tulisan ini melengkap tiga tulisan saya tentang cara memperpanjang SIM yang pernah dituliskan di blog ini pada tahun 2015, 2012, dan 2010 yaitu:







Totalnya, sudah ada 4 tulisan (dengan yang ini) mengenai perpanjangan SIM di Kota Bogor. Dan untuk tulisan pada tahun ini, saya akan memberikan beberapa update mengenai waktu, biaya dan caranya. Bila ingin mengetahui proses umumnya, silahkan baca link di atas yang tahun 2015. Prinsipnya tidak ada perbedaan. Tahap-tahapannya pun sama. 

A. Waktu

Untuk perpanjangan kali ini, kurang lebih waktu yang dibutuhkan sama, yaitu sekitar 2 jam kalau dihitung dari awal memasukkan persyaratan. Namun bila ditotal, maka saya berada di kantor Polres ini dari jam 7.30 sd pukul 10.30, jadi sekitar 4 jam.

Bagian Pengurusan SIM Polres kota Bogor sendiri buka dari jam 9 pagi.

B. Tahapan-tahapan

Baiklah, tahapan-tahapannya kembali saya tulis disini supaya memudahkan yang membaca. Berikut ini tahapan yang saya lewati adalah:
1. Memfotokopi KTP dan SIM A. Sudah dilakukan di rumah.
2. Membeli Map.
3. Cek Kesehatan. Disini diperiksa tekanan darah dan tes buta warna.
5. Membayar biaya perpanjang ke loket BRI
6. Memasukkan syarat-syarat perpanjangan ke loket pendaftaran
7. Mengisi Formulir isian Biodata
8. Mengembalikan Formulir isian
9. Menunggu ke loket foto untuk difoto close-up (pas foto)
10. Menunggu hasil kartu SIM
11. Pulang

C. Biaya

Untuk biaya, total yang saya keluarkan sekitar Rp. 125 ribu, yang terdiri dari:
  • Biaya Cek Kesehatan sebesar Rp. 30 ribu rupiah. Naik 20 ribu dari tahun 2015. Biaya ini juga tanpa kuitansi, masih sama seperti tahun 2015 lalu.
  • Membeli Map Rp. 2000,-
  • Biaya perpanjangan SIM yang dibayar di loket BRI sebesar Rp. 80.000,-
  • Biaya membeli tempat kartu SIM (semacam dompet dari plastik) Rp. 15.000,-. Ini adalah biaya baru, sebelumnya di tahun 2015 tidak ada. Jadi pada saat SIM jadi, tiba-tiba kita dikasih SIM beserta dompet ini oleh petugas polisi yang ada di loket. Dompetnya diminta bayar Rp. 15.000 dan tidak diberi kuitansi. Jadi sepertinya ini bukan resmi dari Instansi Polresnya,dan saya tetap membayar dompet ini.

D. Persyaratan Perpanjang SIM A

  1. Fotokopi KTP dan SIM A
  2. Cek Kesehatan
  3. Membayar Biaya Perpanjangan Rp. 80.000,-
  4. Mengisi Formulir Biodata
  5. Ke Loket Foto

E. Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan kalau Anda juga ingin memperpanjang SIM di Polres Kota Bogor, yaitu:

  • Datanglah sepagi mungkin, karena antriannya sudah banyak. Saya yang datang pagi dapat nomor antrian foto nomor 57. Bila semakin siang, Anda dapat giliran foto nomor ratusan.
  • Bawa pulpen untuk mengisi formulir Biodata
  • Fotokopi dulu KTP dan SIM. Cukup satu saja masing-masing
  • Berkas-berkas dimasukkan ke map. Map dapat dibeli di warung di luar Polres. Map warna kuning untuk SIM A, map warna biru untuk SIM C. Jangan tertukar supaya berkas Anda tidak tertukar di loket
  • Bila yang belum cek kesehatan, ada poli kesehatan di samping polres sama seperti yang saya tulis di artikel saya di atas yang tahun 2015. Datanglah sepagi mungkin. Poli ini buka jam 8 pagi tepat. Baiknya jam 7.30 sudah berada di sana.
  • Loket Pendaftaran SIM dibuka tepat jam 8 pagi.
  • Momen paling lama menunggu adalah menunggu antrian foto. Setelah memasukkan formulir biodata, saya dikasih nomor antrian seperti gambar di bawah ini. Loket foto dibuka jam 9 pagi. Antrian foto ini dipanggil per 20 orang. Jadi semacam ada kloternya yaitu 1-20, 21-40,31-60, dst. Setiap kloter ini membutuhkan sekitar 25 menit. Bagi yang mendapat nomor antri foto ratusan, Anda dapat menghitung dapat jam berapa dipanggil untuk difoto.
Nomor Antrian

  • Setelah difoto, bergegas ke loket pengambilan SIM. Tidak menunggu lama, saya pribadi hanya menunggu sekitar kurang dari 5 menit SIM A baru sudah saya terima.

F. Masukan Untuk Polres Bogor

Sejak dari tahun 2010 mengurus SIM, loket foto hanya difungsikan 1 kamera dan 1 petugas saja. Memang ada 2 petugas lainnya yang sepertinya mengurus berkas-berkas administrasi. Usul saya adalah memfungsikan lebih dari 1 kamera dan ruang loket fotonya diperbesar, misalnya dapat sekaligus menampung 5 orang yang hendak difoto. Dengan demikian waktu pembuatan SIM akan lebih cepat. 

Demikian update tahun 2017 ini tentang biaya dan cara perpanjang SIM A di Kota Bogor, untuk tahun 2018 pun sepertinya akan sama.

Salam.

(fay/fay).


BACA JUGA:


No comments:

Post a Comment