Dec 13, 2017

Mencari Kata Tertentu Dalam Excel Menggunakan Isnumber dan Search

Bagi Anda yang bekerja dengan pengolahan data berjumlah ratusan ribu data menggunakan Microsoft Excel, mungkin Anda suatu saat akan memerlukan satu Formula atau Fungsi untuk menemukan satu kata tertentu dalam sebuah sel nya.

Misalnya, dalam satu sel yang berisikan alamat rumah "Jl. Ibrahim No. 12 RT 04 RW 05, Jakarta" kita dapat menggunakan Fungsi ISNUMBER dikombinasikan dengan SEARCH untuk mengetahui apakah sel tersebut mengandung nama "Ibrahim" atau tidak.







Jika kita hanya bekerja dengan 10-20 data saja dalam satu kolom, tentu saja tidak terlalu sulit untuk menemukan secara manual apakah dalam alamat tersebut di atas mengandung kata "Ibrahim" atau tidak. Namun bila kita bekerja dengan 100 ribu data dan terdapat berbagai alamat yang keriting, tentu saja cara manual dilihat satu persatu akan memakan waktu yang lama. Belum lagi bila alamat yang tertulis tidak semuanya tertulis "Ibrahim", namun bisa saja tertulis "Ibrah im", "Abrahim"; atau "Ibraham", dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka kita dapat menggukan kombinasi dua Fungsi sekaligus, yaitu Fungsi ISNUMBER dan SEARCH. Langsung saja dituliskan rumusnya adalah seperti di bawah ini:

misal letak Sel yang berisi alamat adalah di sel D2; dan kita meletakkan hasil pencariannya di kolom sebelahnya yaitu E2, maka rumus yang kita tulis pada sel E2 adalah:

=ISNUMBER(SEARCH("brah";D2))

dari rumus/formula ini, hasil yang keluar adalah berupa tulisan TRUE atau FALSE. Bila True, maka kita sudah dapat mengetahui bahwa pada sel D2 terdapat alamat yang berada di Jalan Ibrahim atau jalan-jalan yang mengandung kata "brah". Bila False, berarti tidak ada tulisah "brah" pada sel tersebut. 

Selanjutnya adalah kita tinggal copy-paste rumus tersebut ke ribuan sel yang lainnya.

Mungkin ada yang bertanya mengapa yang dimasukkan adalah kata "brah", bukan "ibrahim"? Ini karena bila saya membutuhkan semua alamat yang kemungkinan adalah di Jalan Ibrahim, dimana data yang saya punya penulisannya beragam-ragam seperti yang telah saya sebutkan di atas ("Ibrahim", "Ibrah im", "Abrahim"; "Ibraham", dll). Jadi fungsi SEARCH akan mencari kata yang sama persis, atau istilahnya Case Sensitive. 

Namun bila yang anda butuhkan adalah benar-benar kata "Ibrahim", maka tinggal mengganti kata "brah" tersebut dengan "Ibrahim".

Peran Anda lainnya yang tidak kalah penting adalah kemampuan untuk menemukan potongan kata yang unik yang ada disetiap kemungkinan kesalahan penulisah kata. Contohnya pada kata "ibrahim" di atas, potongan kata yang uniknya adalah "brah". Dengan demikian saya dapat menemukan semaksimal mungkin alamat yang berada di Jalan Ibrahim.

Demikian. Semoga bermanfaat.

Bila ada yang kurang jelas, silahkan bertanya di kolom komentar. 

(fay/fay)

BACA JUGA: 

No comments:

Post a Comment