Aug 19, 2009

Restart sendiri pada HP ber OS Symbian? lakukan DEFRAG

Restart ulang tiba-tiba pada hp ber sistem operasi symbian bisa terjadi karena RAM pada HP tersebut membutuhkan ruang (space) untuk beroperasi. Istilah yang sering digunakan adalah "refresh". RAM menjadi penuh atau mencapai kapasitas tertingginya akibat adanya multitasking pada hp atau memori hp sudah hampir penuh, sehingga begitu kita ingin menjalankan satu aplikasi lagi sudah tidak cukup. Untuk itu hp akan otomatis melakukan restart untuk memberi ruang pada RAM. Ruang bebas ini biasanya didapat dengan cara menghapus template (file sementara) pada hp.

Restart sendiri sebenarnya adalah keunggulan sekaligus kelemahan dari hp tersebut. Sebuah keunggulan adalah karena tersedianya program yang menjaga agar hp selalu bekerja optimal. Sebuah Kelemahan karena itu berarti menunjukkan hp belum kuat untuk menjalankan banyak aplikasi.

Bagaimana menghindari hp kita tidak sering restart ulang sendiri?

Yang saya lakukan dengan hp saya adalah melakukan defrag hp dengan menyambungkan terlebih dahulu hp ke PC. Dari PC saya jalankan defragment, yang hasilnya selain dapat memberikan ruang (space) pada RAM, juga meningkatkan kecepatan prosesornya. Pada hp saya kecepatannya meningkat 1,5 kali (overall).






Salah satu HP bersistem operasi Symbian adalah Nokia E71. Berikut cara defrag hp di E71:
1. sambungkan E71 dengan kabel data, pilih mass storage
2. pada komputer, tekan START>all program>accessories>system tools>defragment

Demikian salah satu tips hp nokia dari saya.

faybudi

link terkait:
- cara menghemat batre hp
- menghapus theme E71
- remote komputer dari Nokia E71


No comments:

Post a Comment