May 2, 2020

Review Helm Sepeda merk Xzone untuk Sepeda MTB

Dulu, di sekitar tahun 1990 sampai dengan awal 2000 sebelum bersepeda menjadi tren olahraga menyenangkan (fun bike/ fun sport) bagi keluarga di Indonesia, orang menggunakan sepeda alakadarnya. Pengguna sepeda juga didominasi rata-rata untuk anak-anak yang kita kenal cukup populer dengan sepeda jenis BMX. Atau sepeda umum digunakan untuk berbelanja ke warung, dengan cukup memakai sendal. Bila mau berolahraga sepeda, cukup memakai sepatu olahraga biasa.

Namun kini, olaharaga sepeda semakin banyak dinikmati siapa saja, bahkan perempuan saat ini banyak yang memilih olahraga sepeda untuk menjaga kebugaran tubuhnya.  Sepeda pun menjamur dengan berbagai tipe dan fungsinya. Demikian juga aksesori dan perangkat pendukung pesepeda. Salah satunya adalah helm sepeda. Pada saat saya memiliki sepeda lipat, saya tidak pernah tertarik atau merasa perlu memiliki helm sepeda. Namun ketika sepeda lipat saya ganti dengan sepeda MTB, barulah saya merasa memerlukan helm sepeda. Dengan sepeda MTB, (baca disini review sepeda MTB Xtrada 6) jarak tempuh saya semakin jauh dan kecepatannya semakin kencang. Disinilah saya merasakan perlunya helm sepeda.

Helm Sepeda

Oleh karena itu, berikut ini saya tulis mengenai helm sepeda yang dimiliki oleh saya, yaitu dari merk Xzone.







Review Pemakaian


Helm Xzone yang saya miliki ada 2, yaitu tipe Gart dan Haben. 

  • XZone Tipe Gart
Helm Sepeda XZone tipe Gart

Helm Xzone tipe Gart modelnya futuristik. Warnanya hitam – abu – orange. Saya pilih warna hitam karena saya lihat di youtube ada saran jangan beli yang warna terang pada bagian depan, karena nanti lama kelamaan akan bikin mata tidak nyaman/silau terkena pantulan sinar matahari. Setelah saya pakai, ternyata warna helm tidak masalah warna apa saja bagian atasnya, asalkan bagian bawahnya yang terlihat mata kita berwarna gelap.

Spek Helm Xzone tipe Gart

Model helm sepeda merek Xzone – Gart ini saya rasakan cukup nyaman. Ada pemutar di belakangnya untuk mengatur lingkaran pengikat ke kepala. Tinggal putar, cari titik putaran yang paling nyaman.

Tampilan dalam helm sepeda XZone - tipe Gart
Tampilan samping helm Xzone - tipe Gart


  • XZone Tipe Haben

Helm sepeda yang kedua juga merk Xzone tipe Haben. Modelnya yang ini lebih membulat dan seperti ditujukan untuk pesepeda semi offroad atau mtb atau bmx. Modelnya lucu dan menarik. Saya pilih yang warna hitam. Di bagian depan ada semacam topi penghalang sinar matahari dari bahan kain/fabrik. Topi ini selain berfungsi untuk menghalangi sinar matahari, juga bisa digunakan sebagai penyerap keringat. Namun saya kurang suka yang model penyerap keringat ini, kepala saya justru suka menjadi pening dan tidak nyaman dipakai karena terasa agak basah.

Helm Xzone - tipe Haben


Namun secara fungsi keduanya sangat berguna dan overall cukup nyaman. Tadinya saya pikir karena saya pakai sepeda hanya untuk olahraga sekitar rumah atau pergi ke warung, namun pernah suatu ketika saya pakai sepeda ini pada jalanan menurun. Barulah terasa di pikiran saya bagaimana bila tiba-tiba jatuh dengan kecepatan yang cukup tinggi ini, dan mengenai kepala saya. Disitulah akhirnya saya meniatkan untuk membeli helm sepeda. Dan terbukti pada saat saya bersepeda pagi, melewati pepohonan, ranting-rantingnya mengenai kepala saya. Saya terlindung dengan adanya helm sepeda ini yang membuat kepala saya tidak tergores/terkait ranting-ranting tersebut.

Bagian Dalam Xzone - Haben


Harga

Helm sepeda ini saya beli keduanya langsung di toko sepeda di kota saya. Harganya cukup mahal untuk kantong saya, namun karena saya pikir ini perlu, tetap saya beli. Helm sepeda ini ternyata lebih mahal dari helm motor milik INK original milik saya yang semi full face. Saya pikir justru helm motor yang materialnya lebih banyak seharusnya lebih mahal. Untuk helm sepeda Xzone ini, baik yang tipe Gart atau Haben dia ada di rentang harga satuannya Rp. 450 ribu – 500 ribuan.

Tampilan samping Xzone - Haben



(fay/fay)

BACA JUGA:
Sepeda Polygon Xtrada 6
Sepeda



No comments:

Post a Comment