Apr 2, 2020

Review Sepeda: Polygon Xtrada 6 Special Edition 2018

Setelah saya membahas sepeda Polygon Xtrada 6 tahun 2019, kali ini saya akan membahasa sepeda yang sama, namun tahun pembuatan berbeda. Yaitu Polygon Xtrada 6 tahun 2018 limited edition. Bagi Anda yang ingin beli sepeda bekas atau sepeda baru Polygon Xtrada 6, bisa membaca tulisan ini dulu.

Polygon Xtrada 6 tahun 2018 Special Edition
Polygon Xtrada 6 tahun 2018 Special Edition






A. Spesifikasi


Polygon Xtrada 6 tahun 2018 special edition punya warna hitam dengan ada strip merah. Untuk sepeda ini, dia juga menggunakan stang dan sadel merk Entity. Sistem pengereman dan oper giginya (shifter) juga menggunakan merk Shimano Deore. Untuk sepeda yang saya review, dia memiliki 3 gigi percepatan di depan dan 10 gigi bercepatan di belakang (3x10). Ukuran rodanya adalah 27,5 inci bermerk Smart Sam Schwalbe.

Sadel


B. Review Pemakaian

Setelah pemakaian selama kurang lebih 4 bulan, sepeda ini juga sangat nyaman digunakan. Sepedanya ringan, sistem pengoperan giginya sangat mudah sekali digunakan, dengan sedikit tekan pada knop pengubah gigi, rantai langsung bergerak dan berpindah ke roda gigi  yang diinginkan. Sistem pengeremannya sudah menggunakan minyak hidrolik, sehingga ketika di rem sangat pakem. Beberapa kali saya menekan rem tidak terlalu kencang, efek pengereman langsung terasa. Apabila saya tekan agak kencang, roda sepeda langsung berhenti berputar. Sehingga pada saat ada turunan tajam, roda sepeda seperti terseret (tidak berputar) karena roda sebenarnya sudah terhenti.

Ban pakai Schwalbe


Dengan sistem gigi percepatan 3x10, maka tidak ada tanjakan curam yang tidak bisa dilalui. Dengan posisi gigi yang paling rendah, pesepeda akan terus dapat mengayuhkan sepedanya tidak terhenti karena berat. Memang kecepatannya menjadi sangat rendah. Sepeda yang ringan juga membuat pesepeda tidak terbebani. Bahkan saat menanjak, sama dengan Xtrada tahun 2019 roda depan dapat dengan sangat enteng terangkat. Berat sepeda sendiri adalah hanya 13,3 kg saja. 

Rear Derailleur Deore

Saya membandingkan antara sistem gigi 2x10 dan 3x10 yang dimiliki Xtrada 6 ini. Ternyata yang saya rasakan, lebih nyaman menggunakan 2x10. Pindah giginya tidak terlalu banyak. Selain itu pada sistem 3x10 pada sepeda yang saya review sering terjadi kegagalan pindah gigi depan, yaitu saata menurunkan dari roda gigi paling besar ke roda gigi tengah. 
Jadi sistem gigi 2x10 itu sudah cukup untuk melibas berbagai medan jalan. Saya rasakan pada tanjakan yang curam, sistem 2x10 bisa melewatinya. 

Rem hidrolik

Sedangkan untuk setang/handlebar, sama juga, terasa kurang pas menurut saya, lebar terasa agak lebar. Xtrada 6 menggunakan handlebar dengan panjang 760 cm. Jika agak pendek sedikit, mungkin lebih pas buat saya yang tingginya 173 cm. 

10 roda gigi pada gigi belakang

Sepeda ini dilakukan tes bermain ke pebukitan dan tanah merah, dan sangat nyaman.

C. Harga Beli

Harga beli resmi yang dipasang di toko Rodalink atau di web site Polygon adalah sama dengan yang 2019, yaitu Rp. 6.800.000,-. Untuk harga 2020 nya, Polygon Xtrada 6 juga masih di harga Rp. 6.800.000,-.


Namun kembali lagi, saya sarankan anda berburu dulu saja yang bekas di website yang menjual barang-barang bekas seperti OLX. Harga bekas bisa berkisar 4,9-5,6 juta, dengan kualitas yang hampir sama dengan yang baru.

3 roda gigi di depan

Beberapa orang membeli sepeda hanya karena lagi trend, yang sebenarnya mereka tidak memiliki minat yang tinggi untuk rutin bersepeda. Ada juga yang karena dapat hadiah dari perlombaan. Sepeda-sepeda seperti ini, kualitasnya sama saja dengan yang baru. Mereka yang seperti ini, tidak berapa lama akan menjual sepedanya. Biasanya dalam 1-2 tahun. Ada juga yang hanya 1 bulan sudah dijual kembali. 


(fay/fay)

BACA JUGA:

Review Sepeda: Polygon Xtrada 6 Keluaran Tahun 2019
Rumus Menghitung Biaya Membangun Rumah yang Cepat dan Praktis


No comments:

Post a Comment