Dec 21, 2011

Memilih jam tangan


Saya termasuk orang yang senang dengan jam tangan, karena menurut saya penting walau bukan kebutuhan primer. Namun saya bukan kolektor .. saat ini yang saya miliki hanya satu. Nah dulu pada saat  mau membelinya, saya menimbang-nimbang jam tangan seperti apa sih yang diperlukan. Mau tau apa pertimbangan saya? Ini dia, siapa tahu dapat Anda pakai saat mau beli jam tangan juga:




Dari segi fungsi saya melihat ada dua fungsi:
1. Jam tangan standar, fungsinya hanya menunjukkan waktu saja (berupa jarum), tidak ada fitur tambahan apapun.
2. Jam tangan multi fungsi, selain untuk menunjukkan waktu juga dapat berfungsi sebagai salah satu atau semua dari fungsi berikut: alarm, timer, menunjukkan tanggal dan hari, stopwatch, kalkulator, dll.

Dari segi energi untuk menggerakkannya, saya menyimpulkan ada dua juga yaitu:
1. Digerakkan oleh tenaga baterai
2. Digerakkan oleh tenaga kinetik

Sedang dari segi keelektronikannya menurut saya ada dua:
1. jam tangan analog yang tampilannya berupa jarum (tidak elektronik)
2. jam tangan digital (elektronik)

Terakhir dari segi style, yaitu:
1. Jam tangan berbentuk formal, biasanya yang analog.
2. Jam tangan stylish, biasanya digunakan untuk gaya dan lebih berseni misalnya berwarna-warni, bentuknya seperti gelang, casingnya dapat diganti-ganti, dll.
3. Jam tangan sporty, kalau jam tangan yang memang ditujukan untuk sport biasanya memiliki kualitas seperti tahan air, tahan guncangan, dll.

Dari kesemua itu, disesuaikan dengan dana yang ada akhirnya saya menjatuhkan pada jam tangan multifungsi dengan tampilan analog, style- nya berbentuk formal dan digerakkan oleh baterai. Merk yang saya pilih  adalah Seiko SQ 50 Auto Calendar. Jam tangan ini memiliki fitur yang cukup lengkap yaitu:  timer, auto calendar, tahan air 5 bar (bisa untuk berenang tapi tidak untuk diving), alarm, timer, dan stopwatch. Cukup  memenuhi kebutuhan saya, dan sebagai data saja, hingga kini sudah 2,5 tahun saya pakai baterainya belum diganti.




Kalau ada keleluasaan dana, Seiko Kinetic Auto Relay sepertinya oke :D.

Jadi, tipe jam tangan yang mana pilihan anda?


Salam,

Faybudi
www.faybudi.blogspot.com



No comments:

Post a Comment