Sep 12, 2016

Ibu Menyusui Kena Cacar (Tambahan 2 - Trik Menyusui)

Bagi anda yang pernah membaca tulisan saya mengenai Cacar Air Pada Ibu Menyusui yg ditulis pada tahun 2010, ini saya tambahkan pengalaman saya yang ternyata penting dari tinjauan saya terhadap beberapa penanya yang komentar di artikel tersebut. Yaitu bagaimana cara istri saya yang kena cacar saat itu menyusui bayinya.

Seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya, dokter penyakit dalam yang saya temui memberikan 3 alternatif cara memberi makan pada si bayi, dimana pada prinsipnya dokter tidak setuju memberikan penyakit pada bayi walau ada yang bilang tidak apa-apa bila bayi terkena cacar.








ARTIKEL TERKAIT: Cacar Air Pada Ibu Menyusui (Tambahan)

Dari alternatif yang diberikan dokter, saya memilih si ibu memeras ASI dan memberikannya lewat dot bayi. Namun pada akhirnya pada hari keempat kami putuskan si ibu kembali menyusui langsung. Untuk mengatasi agar kulit ibu tidak bersentuhan dengan kulit bayi, ada trik yang kami lakulan dalam menyusui si bayi, yaitu:

- sang ibu menggunakan baju (daster) lengan panjang.
- pada daster tersebut, pada bagian putingnya digunting sehingga pas untuk mulut bayi.
- sang ibu menggunakan sarung tangan.

Dengan cara ini, bayi sangat minimal menyentuh kulit istri saya yg terkena cacar, yaitu hanya pada bagian putingnya. Syukur pada saat itu sang bayi tidak terkena cacar.

Demikian informasi tambahan mengenai Ibu menyusui terkena cacar. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca.

(fay/fay)

BACA JUGA:

- Tidak Bisa Pindah Cell di MS Excel
- Jenis-jenis Kerusakan Pada Ban Mobil
- Lima Tips Sebelum Membeli Ponsel
- Penyebab Tarikan Gas Mobil Tersendat-sendat
- Efaktur Error

2 comments:

  1. Bayi saya baru umur 5bulan,belum pernah pake susu botol,jadi dia gak ngerti pake dot,gimana ya solusinya ? Serba salah juga kalo mau dikasi langsung kalo susu formula takut nanti gamau asi lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya tdk bisa memberi solusinya.. silahkan ibu yang paling paham kondisinya. Namun pada dasarnya seorang anak tdk akan membuat dirinya lapar, sehingga dia akan menerima apapun makanan yang diberikan dari sang ibu ketika lapar. Tinggal sang ibu apakah bisa mengkondisikannya. Selain itu, terkadang yang kita khawatirkan tidak terjadi. Taunya adalah saat dicoba.

      Dan perlu juga kembali kita ingat seorang anak itu blm mengerti apa-apa. Yang lebih mengerti adalah orang tuanya.

      Delete