Nov 23, 2015

Penyebab Tarikan Gas Mobil Tersendat-sendat

Jakarta. Bagi yang saat ini bertanya-tanya kenapa mobilnya tarikan gas-nya tersendat-sendat atau istilah kerennya ndut-ndutan, ini ada beberapa penyebabnya menurut pengalaman saya pribadi. Namun sebelumnya saya mau membuat pernyataan dulu kalau penyebab yang nanti ditulis di artikel ini belum tentu benar, tapi belum tentu salah juga. Jadi silahkan masing-masing pemilik mobil menganalisanya sendiri. Paling tidak dari tulisan ini mudah-mudahan dapat menjadi sumber informasi bagi yang membaca.


Laju mobil tersendat-sendat pastinya tidak hanya dialami mobil tua yang umurnya sudah belasan atau puluhan tahun, tapi juga bisa terjadi pada mobil baru yang umurnya masih di bawah 5 tahun. Dari yang saya alami berikut ini beberapa hal yang menyebabkan mobil tersendat-sendat:

1. Bensin atau solar sudah mau habis. 

Walaupun sepertinya ini tidak mungkin pada Anda yang sanat memperhatikan mobil, namun ini bisa terjadi pada Anda yang tidak terlalu perhatian dengan kondisi mobil. Bisa saja Anda lupa memperhatikan indikator bensin, atau bisa saja karena indikator bensil mobil rusak dan Anda belum sempat memperhatikannya, maka bensin sudah mau habis tanpa disadari. Untuk masalah ini solusinya sederhana, tinggal mengisi bensinnya kembali.





2. Permasalahan di Filter Bensin
Fungsi filter bensin adalah menyaring kotoran yang hendak masuk ke ruang pembakaran. Bila bensin yang kita isi ke dalam tanki mobil tidak bersih, maka lama kelamaan filter bensin ini akan penuh oleh kotoran yang menyebabkan aliran bensin tidak lancar. Hal ini yang menyebabkan akselerasi mobil tidak lancar atau tersendat-sendat. Seperti terbatuk-batuk. Mobil masih bisa berjalan karena masih ada bensin yang tersisa di selang atau di ruang pembakaran. Solusinya filter bensin ini harus diganti. Ada dua filter bensin untuk mobil yang saya gunakan, yang satu yang terletak di tangki, dan satu lagi ruang mesin sebelum masuk ke ruang pembakaran. Yang pernah saya alami adalah filter bensin yang berada di tangki.

3. Mesin Terlalu Panas Karena Radiator Tidak Berfungsi

Mesin yang terlalu panas, akan menyebabkan mobil kehilangan tenaga dan ada gejala "ngelitik". Hal ini yang menyebabkan mobil ketika melaju terasa ndut-ndutan atau tersendat-sendat. Dari yang saya alami, mesin yang terlalu panas ini ternyata dikarenakan air radiatornya habis. Air yang radiator yang habis ini membuat selang bypass/selang heater (istilah bengkel) sobek sehingga air radiator yang tersisa di radiator keluar.

Solusi untuk masalah ini adalah Anda harus mengganti selang bypass/selang heater ini. Bawa ke bengkel dan beli sparepart penggantinya.

Oleh karena itu, Dari pengalaman saya, bila mobil Anda tersendat-sendat dan tidak ada tenaga, saran saya langsung lihat dulu indikator suhu di dashboard mobilnya, karena ini yang paling cepat dapat dilihat saat Anda lagi mengemudi. Selain itu yang paling penting adalah selalu rutin mengecek air radiator mobil Anda, karena jika habis akibatnya bisa fatal dan merusak mesin.


Demikian beberapa penyebab tarikan gas mobil tersendat-sendat. Mudah-mudahan bermanfaat dan setelah membaca artikel ini Anda dapat mengambil tindakan pencegahan agar mobil Anda tidak mogok di jalan lagi :-D

(fay/fay)

No comments:

Post a Comment