Apr 21, 2011

Menukar uang sobek

Uang yang sobek masih dapat ditukar. Dalam aturan BANK INDONESIA uang dapat diganti bila memenuhi syarat-syarat tertentu, yaitu:

1. Uang kertas
  • Dalam hal fisik Uang Kertas lebih besar dari 2/3 (dua pertiga) ukuran aslinya dan ciri uang dapat dikenali keaslinnya diberikan penggantian sebesar nilai nominal;
  • Dalam hal fisik Uang Kertas sama dengan atau kurang dari 2/3 (duapertiga) ukuran aslinya tidak diberikan penggantian
2. Uang logam
  • dalam hal fisik Uang Logam lebih besar dari setengah ukuran aslinya dan ciri uang dapat dikenali keasliannya, diberikan penggantian sebesar nilai nominal;
  • dalam hal fisik Uang Logam sama dengan atau kurang dari setengah ukuran aslinya, tidak diberikan penggantian

3. Uang kertas yang terbuat dari bahan polymer:
  • dalam hal fisik Uang Kertas mengerut dan masih utuh serta Ciri Uang dapat dikenali keasliannya, diberikan penggantian sebesar nominal;
  • dalam hal fisik Uang Kertas mengerut dan tidak utuh, diberikan penggantian sebesar nilai nominal sepanjang Ciri Uang masih dikenali keasliannya dan fisik Uang lebih besar dari 2/3 (dua pertiga) ukuran aslinya.
4. Penggantian sebesar nilai nominal terhadap Uang Kertas hanya diberikan dalam hal:
  • Uang Rusak merupakan satu kesatuan dengan atau tanpa nomor seri yang lengkap atau
  • Uang Rusak tidak merupakan satu kesatuan, tetapi tidak terbagi menjadi paling banyak 2 (dua) bagian terpisah, dan kedua nomor seri pada Uang Rusak tersebut lengkap dan sama. 
BACA JUGA: Bila Telkom Speedy DNS Server Error Not Responding




Untuk penukaran tidak perlu datang ke bank indonesia, tapi cukup dengan menabung saja di bank-bank berskala nasional..tapi paling tidak diberi tahu terlebih dahulu ke tellernya. Pengalaman saya begitu.. bank tidak mau langsung ditukar tapi pakai mekanisme menabung. Namun jika petugasnya berusaha mempersulit kita dengan mengatakan ditukarnya harus menunjukkan struk ATM tempat pengambilan uang itu (uang saya yang sobek didapat dari ATM bank itu) atau tukarnya di bank terdekat dengan ATM itu, hal tersebut tidak benar dan sampai saat ini saya tidak menemukan aturannya.


(fay/fay)

Baca juga:

8 comments:

  1. AnonymousJune 20, 2012

    Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih jg dr saya infonya,, soalnya sy baru mengalami ini.. uang saya 100 ribu kertas, sompel diujung nya saja.. dan swaktu sy coba tukarkan ke bank BRI,, mereka bilang harus ke ATM di mana Bank tersbut berada./

    ReplyDelete
  3. Namun jika petugasnya berusaha mempersulit kita dengan mengatakan ditukarnya harus menunjukkan struk ATM tempat pengambilan uang itu (uang saya yang sobek didapat dari ATM bank itu) atau tukarnya di bank terdekat dengan ATM itu, hal tersebut tidak benar dan sampai saat ini saya tidak menemukan aturannya.
    maksud nya apa ya,,,,,,

    ReplyDelete
  4. Namun jika petugasnya berusaha mempersulit kita dengan mengatakan ditukarnya harus menunjukkan struk ATM tempat pengambilan uang itu (uang saya yang sobek didapat dari ATM bank itu) atau tukarnya di bank terdekat dengan ATM itu, hal tersebut tidak benar dan sampai saat ini saya tidak menemukan aturannya.
    nih maksud nya apa ya...////

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu saya mau tukar ke petugasnya (teller) di bank, teller itu bilang:"struk ATM nya mana?". Lalu dia bilang "tukarnya ke bank deket ATM itu aja". Disini si teller cari-cari alasan. Padahal ATM itu adalah ATM milik Bank tempat dia bekerja, dan pas sekali ATM itu paling dekat dengan dia. Akhirnya dia mau menerima uang tsb setelah saya berbicara dengan nada agak ditinggikan.
      Jadi intinya tidak ada larangan menukar uang di bank nasional, selama memenuhi ketentuan BI di atas. Kan tidak mungkin kita datang ke Bank Indonesia hanya untuk menukar satu lembar uang.. bisa jadi habis diongkos :D

      Delete
  5. Saya juga pernah mengalami nyetor tabungan di BRI Kantor Cabang Duri ( 0560 ), tellernya menolak dengan alasan tidak bisa dimasukkan lagi ke mesin ATM dan nasabah yang lain tidak akan mau nerima uang itu , saya rasa ini alasan yang terlalu meng ada ada.

    ReplyDelete