Jul 29, 2015

Tidak Bisa Internetan: No Internet Access karena masalah DHCP Dependency

Ini merupakan tulisan lanjutan mengenai troubleshoot tidak bisa internetan menggunakan wifi dimana pada sinyal wifinya ada tanda pentung (no internet access) berdasarkan pengalaman sendiri. Tulisan ini merupakan tulisan untuk melengkapi beberapa tulisan sebelumnya mengenai tidak bisa internetan karena beberapa hal, yaitu:





Masalah ini terjadi setelah saya pikir telah menyelesaikan masalah Telkom Speedy DNS Server Not Responding di atas. Beberapa hari internetnya lancar dengan memasukkan DNS secara manual, namun tiba-tiba kembali tidak bisa internetan dengan status no internet access.

Setelah dites kembali DNS servernya dengan memindahkan pilihan ke: Obtain DNS Server automatically seperti di gambar berikut:
Dicoba dengan memilih DNS secara otomatis

tetap saja no internet access pada sinyal WLAN (wifi). Akhirnya saya mencoba untuk merestart DHCP nya. Untuk melihat dimana letak DHCP, silahkan klik artikel di atas (Melakukan Penyetelan Ulang Wifi di PC agar Tersambung ke Internet). Ternyata pada DHCP nya kondisinya tidak berjalan (stop) dan saat dicoba Start muncul tulisan:

The dependency service or group failed to start

Setelah dicek, DHCP membutuhkan tiga file yang terletak folder pada System32 untuk berjalan, yaitu:
  • afd.sys
  • tcpip.sys
  • netbt.sys
Pada komputer saya, ketiga file tersebut tidak ada. DHCP tidak running ini terjadi setelah ada pegawai telkom datang ke tempat saya melakukan setting pada Speedy karena sebelumnya speedy-nya bermasalah. Dalam melakukan setting, pegawai telkom ini menggunakan komputer saya. Entah berhubungan atau tidak, namun sejak saat itu untuk bisa internetan harus memasukkan DNS secara manual seperti tulisan saya sebelumnya di atas, yang ternyata solusi ini hanya sementara. 
Untuk mendapatkan ketiga file tersebut di folder System32 (C>Windows>System32), saya cukup meng-copy paste dari folder lain ke folder System32. Cara mencari file tersebut gunakan saja fasilitas search di Windows Explorer.

Setelah selesai, kemudian cek dependency dari Client dengan menuliskan seperti di bawah ini di menu Run:
CMD /K SC QC DHCP
lalu cek tampilannya, seharusnya tampilannya persis sama dengan ini: 
SERVICE_NAME: dhcp
TYPE : 20 WIN32_SHARE_PROCESS
START_TYPE : 2 AUTO_START
ERROR_CONTROL : 1 NORMAL
BINARY_PATH_NAME : C:\WINDOWS\system32\svchost.exe -k netsvcs
LOAD_ORDER_GROUP : TDI
TAG : 0
DISPLAY_NAME : DHCP Client
DEPENDENCIES : Tcpip 
             : Afd
             : NetBT

Fokus saya pada Dependencies nya, bila bukan Tcpip, afd, NetBT maka harus dihapus dan diganti dengan Tcpip, afd, NetBT.
Untuk mengubahnya, kita harus masuk ke Registry. Untuk itu silahkan masuk ke menu Run dan ketikkan: Regedit

Lalu pilih:
HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Services > Dhcp
Klik dua kali pada value DependOnService dan ubah tulisannya menjadi berikut:  Tcpip, afd, NetBT.Setelah itu tutup Regedit.
Setelah selesai, selanjutnya cek statusnya pada Device Manager. Caranya buka Device Manager dengan mengetikkan Device Manager di Windows Start Menu. Jika tidak ketemu, masuk ke Control Panel dan cari Device Manager.

Bila sudah ditemukan, kemudian pada Menu View, klik "Show Hidden Devices". Ini akan membuka file-file yang disembunyikan. 

Klik View pada Device Manager



Kemudian cari pada tree nya tulisan Non-Plug and Play Drivers. 
- Klik tulisan tersebut lalu klik dua kali pada TCP/IP Protokol Driver.
- Buka Tab Driver dan ganti Startup Type nya menjadi "System". Pada kasus saya Startup Type nya sebelumnya adalah "Boot"

Lakukan hal yang sama pada:
- Ancillary Function Driver For Winsock
 - NetBT
Setelah selesai tutup Device Manager dan restart komputer atau laptop Anda. Selanjutnya tes internet Anda, namun jangan lupa pastikan dulu DNS server dan IP Adressnya sudah pada button "Obtain automatically". Pada kasus saya, internet sudah lancar kembali.
 

2 comments:

  1. Maksud "cari pada tree nya itu apa?"

    #respon please

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tree yg saya maksud adalah menu-menu tsb, yg ada tanda segitiga. Misal kalau di klik salah satunya, akan membuka isi dari menu tsb. Silahkan di cari di google istilah 'menu tree', nanti muncul contoh gambar2nya.

      Tulisan Non-Plug and Play Drivers ada pada salah satu menu di tree (cabang) tsb.

      Delete